Jumat, 20 Juni 2014

Wisata Sejarah di Padang

Cerita rakyat seperti "Malin Kundang" dan "Siti Nurbaya" pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Cerita rakyat ini sangat populer di masayarakat Indonesia. Jika Anda biasanya hanya bisa membaca atau mendengar cerita rakyat ini. Tapi,  di Sumatera Barat Anda bisa melihat langsung peninggalan cerita rakyat ini. 

Selain itu, ada juga tempat-tempat menarik yang wajib dikunjungi. Berikut tempat-tempat menarik di Sumatera Barat:

1. Pantai Aie Manih (Pantai Air Manis)




Pantai ini sangat populer karena cerita rakyat yang menceritakan tentang anak yang durhaka kepada ibunya lalu dikutuk jadi batu. Batu Malin Kundang, begitulah masyarakt sekitar menyebutnya. Pantai ini menjadi lokasi wisata favorit yang ada di Padang. 



Bukan hanya Malin Kundang nya saja yang menjadi batu. Perahu atau kapal miliknya pun ikut berubah menjadi batu.


Sejumlah penginapan (homestay) bisa Anda temui di Pantai ini jika Anda ingin menghabiskan malam di kawasan wisata tersebut. Nah, Bagi Anda yang penasaran dengan cerita rakyat ini silakan kunjungi dan nikmati Pantai Aie Manih.

2. Jembatan Siti Nurbaya


Belum ke Padang jika belum singgah ke Jembatan Siti Nurbaya. Jembatan sepanjang 60 meter ini menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya (tempat Siti Nurbaya dimakamkan). Cerita tentang perjodohan Siti Nurbaya ini menjadi buah bibir di masyrakat Indonesia terutama masyrakat Padang. Jadi, tak heran jika banyak orang yang penasaran ingin lihat langsung tempat dimana Siti Nurbaya ini dimakamkan.

Membentang gagah di Muara Batang Arau. Jembatan ini nampak cantik bila senja menjelang. Pilar mercuri, sepoi angin pantai, dan lampu-lampu kapal yang mulai dinyalakan menjadikan suasana begitu romantis. Tak heran jika banyak musa mudi yang memadati jembatan ini. Selain itu, banyak juga yang berjualan makanan seperti roti, pisang dan jangung bakar yang sengaja disediakan untuk sekedar bersantai-santai di area ini.


3. Jam Gadang



Jam gadang sebagai landmark kota Bukittinggi ini, merupakan menara yang tinggi menjulang dengan megahnya, beratapkan khas Minangkabau. Dari puncak menara Jam Gadang Anda bisa melihat dan menikmati indahnya alam Kota Bukittinggi. 

Jam Gadang ini memiliki keunikan, terlepas dari salah tulis atau memang sengaja dibuat seperti itu. Mesteri yang belum bisa terpecahkan sampai saat ini adalah angka empat pada jam yang seharusnya ditulis dalam angka romawi adalah IV, tapi di Jam Gadang ini angka empat ditulis dengan empat buah angka satu Romawi yaitu IIII.


4. Danau Singkarak


Danau Singkarak merupakan tempat wisata danau terluas kedua setelah Danau Toba. Lokasi danau ini terletak di pertengahan antara Kota Solok dan Kota Padang Panjang. Bukan hanya terkenal dengan keindahan danaunya, tempat ini juga terkenal dengan ikan Bilih yang hanya ada di Danau Singkarak.  Ikan Bilih adala oleh-oleh yang wajib dibawa pulang. Lokasi danau ini juga terbilah strategis, jika Anda ingin berkeliling ke beberapa tempat wisata di Sumatera Barat.
Wisatawan yang berkunjung ke danau ini juga bisa menikmati beberapa keasyikan lain seperti tersedianya fasilitas perahu-perahu tradisional yang bisa disewakan untuk menikmati keindahan berperahu di danau ini. Bahkan, pada waktu tertentu danau ini digunakan sebagai tempat lomba perahu tradisional.

Nah, seru kan tempat wisata yang ada di Sumatera Barat. Yuk, yang punya rencana liburan kesana. Janin Tours & Travel siap mengantarkan Anda. Kapan lagi bisa liburan sekaligus mengunjungi tempat wisata yang kental dengan cerita rakyatnya. Bisa nambah wawasan juga loh..!!!!

Let's Join Us..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar